Tag

, , , , , , ,

 

Henri Delaunay

Euro 2012 sebentar lagi, opening ceremony tinggal menghitung hari, dan euforia menjelang kompetisi ini sudah begitu dirasakan di seantero dunia, termasuk di Republik ini. Akan tetapi, banyak yang kurang tahu siapa tokoh utama di balik bergulirnya kompetisi antar negara Eropa ini, atau bahkan apa nama tropi/piala yang diperebutkan.

Dia adalah Henri Delaunay, seorang tokoh sepakbola dunia asal Perancis dan pencetus lahirnya ajang kompetisi sepakbola antar negara di benua biru, Piala Eropa. Dilahirkan pada 15 Juni 1883 di Perancis, Ia sempat menjadi pemain tim asal Paris, Etoile des Deux Lacs, kemudian berganti profesi menjadi seorang wasit. Karirnya sebagai wasit berakhir tragis sekaligus menggelikan, setelah secara tidak sengaja Delaunay menelan peluit. Peluit yang digunakan Delaunay tertelan akibat wajahnya terhantam bola ketika memimpin suatu pertandingan. Selain menelan peluit, dua giginya patah.

Pensiun sebagai wasit, Delaunay kemudian memilih berorganisasi. Pada 1906, Delaunay menjadi Presiden Etoile des Deux Lacs. Ia kemudian berkarir di Comite Francais Interfederal (CFI), nama lama French Football Federation (FFF), PSSI-nya Perancis. Ketika CFI berganti wajah menjadi FFF pada 1919, Delaunay diangkat menjadi Sekretaris Jenderal.

Tropi Henri Delaunay

Pada 1927, Delaunay mengajukan proposal kepada UEFA mengenai perlu digelarnya Piala Eropa. Ironisnya, turnamen ini baru dilaksanakan pada 1960. Delaunay wafat pada 1955 ketika menjabat sebagai Sekretaris Jenderal UEFA. Untuk mengenang Delaunay atas jasa-jasanya sebagai pencetus Piala Eropa, setiap empat tahun sekali bangsa-bangsa benua biru memperebutkan tropi  yang diberi nama Henri Delaunay dalam gelaran kompetisi sepakbola bertajuk Piala Eropa.

Iklan